Ketahui Cara Mengatasi Kelebihan Lemak dengan jamur Lingzhi (Reishi)

cara-mengatasi-kelebihan-lemak-dengan-red-reishi
Salah satu cara mengatasi kelebihan lemak yang efektif adalah dengan khasiat dari jamur Lingzhi (Red Reishi).

Lemak, meskipun berperan sebagai zat gizi makro yang sangat penting untuk tubuh, tapi kelebihan lemak akan berbahaya untuk kesehatan. Kondisi ini bisa membawa Anda ke berbagai penyakit, seperti obesitas, hipertensi, penyakit jantung koroner (PJK), diabetes, atau stroke. Oleh sebab itu, Anda harus waspada jika tubuh sudah kelebihan lemak. Lalu, bagaimana cara mengatasi kelebihan lemak di dalam tubuh? Mampukah herbal Red Reishi atau jamur Lingzhi melakukannya?

Asal muasal lemak

Lemak adalah salah satu zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh, sama pentingnya dengan karbohidrat dan protein. Zat gizi ini juga berasal dari makanan yang mengandung kalori dan tidak larut dalam air. Manfaat utama lemak untuk tubuh adalah sebagai sumber energi, sumber pertumbuhan sel, membantu produksi hormon, dan membantu penyerapan vitamin.

Jenis lemak

Lemak adalah senyawa yang sangat kompleks. Ada beberapa jenis lemak berdasarkan perannya masing-masing di dalam tubuh yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Kolesterol.

Sebagian besar, kolesterol dihasilkan di organ hati. Kolesterol dibawa ke dalam darah dalam bentuk high density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL memiliki efek positif dengan mengurangi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Sementara itu, peningkatan kadar kolesterol LDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Lemak jenuh.

Mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol darah tinggi. Lemak jenuh banyak ditemukan dalam makanan manis maupun gurih. Sebagian besar, jenis lemak ini berasal dari sumber hewani, termasuk daging dan produk susu. Selain itu, pada beberapa makanan nabati, seperti minyak sawit dan minyak kelapa.

3. Lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh adalah bagian penting dalam makanan yang sehat. Dari sekian banyak fungsi lemak ini, beberapa di antaranya untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Lemak tidak jenuh sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu:

Lemak tidak jenuh ganda

Jenis lemak tak jenuh ganda berperan dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL dalam darah Anda. Ada 2 jenis utama lemak tak jenuh ganda, yaitu omega-3 dan omega-6. Contoh makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan haring, trout, sarden, salmon, dan kembung. Adapun makanan yang mengandung omega-6, seperti lobak, jagung, bunga matahari, dan beberapa kacang-kacangan.

Lemak tidak jenuh tunggal

Jenis lemak tak jenuh tunggal berperan untuk membantu melindungi kesehatan jantung Anda. Caranya dengan mempertahankan kadar kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah. Jenis lemak ini banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak kanola, alpukat dan beberapa kacang-kacangan, seperti kacang mete dan almond.

4. Lemak trans.

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah diproses. Hasilnya, lemak trans ‘berperilaku’ seperti lemak jenuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Kondisi ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Jadi, penting untuk menurunkan jumlah asupan lemak trans dari makanan yang Anda konsumsi. Contoh makanan dengan lemak trans banyak ditemukan dalam makanan kemasan, mentega, dan beberapa margarin.

penyebab-kelebihan-lemak-di-dalam-tubuh

Faktor penyebab seseorang mengalami kelebihan lemak di dalam tubuh

6 Bahaya yang akan terjadi jika lelebihan lemak di dalam tubuh

Banyak masalah kesehatan yang muncul jika tubuh Anda kelebihan lemak, di antaranya:

  • Obesitas.
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Diabetes.
  • Sembelit.
  • Mengalami kerusakan saraf di otak.
  • Berisiko tinggi terserang kanker.

Cara mengatasi kelebihan lemak

Prinsip mengatasi kelebihan lemak adalah pola makan sehat dan bergizi seimbang, rajin berolahraga, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut beberapa cara mengatasi kelebihan lemak yang bisa Anda lakukan:

  • Melakukan latihan kekuatan, ini dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat dan mengurangi kelebihan lemak di perut.
  • Tidur yang cukup dapat mengontrol nafsu makan dan rasa lapar, serta mengurangi risiko penambahan berat badan.
  • Makan lebih banyak protein dapat menurunkan nafsu makan, menurunkan asupan kalori, dan menjaga massa otot.
  • Asupan lemak sehat, seperti lemak tidak jenuh, dapat menekan risiko kenaikan berat badan dan mengatasi kelebihan lemak di perut.
  • Serat yang tinggi dalam makanan dapat mengatasi kelebihan lemak dan menurunkan asupan kalori.
  • Mengonsumsi suplemen Reishi (jamur Lingzhi) untuk membantu mencegah obesitas akibat kelebihan lemak.

Bagaimana cara mengatasi kelebihan lemak dengan Red Reishi (jamur Lingzhi)?

bagaimana-cara-mengatasi-kelebihan-lemak
Berbagai keunggulan mengonsumsi Red Reishi (jamur Lingzhi)

Red Reishi atau jamur Lingzhi mengandung berbagai senyawa bioaktif yang terbukti efektif sebagai cara mengatasi kelebihan lemak di dalam tubuh.

Chang et al. (2015)

Penelitian yang dilakukan oleh Chang et al. (2015) ini menunjukkan bahwa polisakarida dalam G. lucidum dapat berperan sebagai agen prebiotik. Inilah yang dapat mencegah disbiosis usus dan gangguan metabolisme terkait obesitas.

Berger et al. (2004)

Sekelompok peneliti dari Switzerland ini berhasil menemukan potensi Red Reishi dalam menurunkan kolesterol secara in-vitro. Pemberian dosis 5% ekstrak Reishi mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada tikus. Namun, tidak signifikan dalam menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat).

Khatian dan Aslam (2018)

Peneliti Khatian dan Aslam (2018) menjelaskan bahwa kandungan glucans dalam Reishi dapat mengendalikan kolesterol pada hewan percobaan yang diinduksi kolesterol. Selain itu, kandungan senyawa bioaktif dalam estrak mycelium Reishi dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menghambat peradangan.

Ganesan dan Xu (2018)

Penelitian lain yang dilakukan oleh Ganesan dan Xu (2018) menunjukkan Reishi atau jamur Lingzhi berpotensi memiliki kapasitas antioksidan. Adanya aktivitas antioksidan ini dapat meningkatkan sistem pertahanan sel dari serangan radikal bebas. Jamur Lingzhi juga dapat meningkatkan aktivitas antiinflamasi, sehingga efektif mencegah hipertensi dan dislipidemia terkait obesitas. Dengan mengonsumsi Reishi secara teratur, efektif dalam mengobati sindrom metabolik, termasuk obesitas.

Berbagai hasil penelitian ilmiah ini berhasil membuktikan ekstrak Reishi sebagai salah satu cara mengatasi kelebihan lemak. Tidak hanya itu, ekstrak jamur obat ini juga efektif mengobati komplikasi kelebihan lemak di dalam tubuh.

Baca Juga:

Seberapa Efektif Pengobatan Diabetes dengan Red Reishi (Jamur Lingzhi)?

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email