7 Makanan Sehat untuk Mengatasi Kecanduan Rokok

7-makanan-untuk-mengatasi-kecanduan-rokok
Jika Anda sulit berhenti merokok, ingatlah bahwa dengan mengatasi kecanduan rokok, indra perasa dan penciuman Anda terhadap makanan akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tidak sedikit dari perokok aktif yang akhirnya memutuskan untuk menghilangkan kecanduan rokok, meski tahu ini bukanlah hal yang mudah. “Setiap perokok cenderung mengeluhkan kemampuannya yang menurun dalam merasakan dan mencium makanan,” ujar Michael Fiore, yang dilansir dari laman Every Day Health.

Satu kepulan asap tembakau saja sudah mampu melepaskan 7000 senyawa kimia beracun, beberapa di antaranya dapat merusak neuroreseptor di mulut dan menumpulkan kemampuan pengecapan Anda [1].

Kerusakan seperti ini tidak selalu permanen. Anda masih berkesempatan untuk memperbaikinya. Dalam satu studi tahun 2017 di jurnal Tobacco Induced Diseases, hanya dalam dua minggu setelah Anda berhenti merokok, Anda mulai merasakan indra perasa dan penciuman Anda membaik dari sebelumnya [2].

Makanan yang dapat mengatasi kecanduan rokok

Di saat yang sama, ketika Anda berusaha untuk mengatasi kecanduan rokok, ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu Anda.

Meskipun tidak ada diet resminya, beberapa makanan dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa hidup tanpa rokok. Bahkan, ada pula jenis makanan tertentu yang mungkin membuat kebiasaan merokok Anda sulit dihilangkan [1, 3, 4, 5].

1. Buah dan sayuran

Rokok dapat menghalangi penyerapan nutrisi penting di dalam tubuh, seperti kalsium, serta vitamin C dan D. Misalnya, merokok dengan hanya satu batang saja sudah dapat menguras 25 mg vitamin C. Inilah mengapa makan lebih banyak buah dan sayuran akan memulihkan keseimbangan nutrisi ini.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak buah dan sayur dapat membantu mengurangi keinginan Anda untuk merokok.

Ini dikarenakan buah dan sayur membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda merasa kurang perlu untuk merokok. Perokok terkadang mengacaukan rasa laparnya dengan merokok, hingga akhirnya lebih memilih rokok daripada makanan [6].

Tidak seperti makanan lain yang dapat meningkatkan rasa tembakau – misalnya daging, minuman berkafein, dan alkohol – buah dan sayuran tidak meningkatkan rasa tembakau. Jadi, ini sangat cocok untuk mengatasi kecanduan merokok.

2. Susu

Dalam sebuah penelitian tahun 2007, para peneliti bertanya kepada 209 perokok tentang makanan apa yang berinteraksi dengan rasa rokok untuk membuatnya terasa kurang enak. Ternyata, susu berada di bagian atas dari daftar [7]. Namun, ini hanya berlaku untuk rokok non-mentol, sementara mentol dapat menutupi banyak rasa.

Meski begitu, masuk akal jika susu dapat membantu Anda mengatasi kecanduan merokok, karena rasa susu hampir tidak cocok dengan rokok. Alih-alih Anda merokok, minum susu dan produk olahannya dapat membuat rokok terasa tidak enak, sehingga Anda menjauh dari rokok.

3. Teh ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi terapi untuk kecanduan nikotin, karena dapat melemahkan efek dopamin [7]. Dopamin adalah neurotransmitter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat Anda merokok.

Oleh sebab itu, minum teh ginseng bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin menghilangkan candu rokok.

4. Permen karet mint bebas gula

Mengunyah permen karet mint bebas gula bisa membuat mulut Anda “sibuk” setiap kali ingin merokok. Terlebih lagi, permen karet dapat bertahan lama di mulut, bahkan bisa lebih lama daripada waktu Anda merokok.

5. Popcorn

Ketika Anda menghentikan kecanduan rokok, Anda mungkin merasa ingin ngemil sepanjang waktu, terutama karena tangan dan mulut Anda tidak lagi diisi rokok. Maka dari itu, jika nafsu makan Anda meningkat atau merasa seolah-olah tidak bisa berhenti makan, makan popcorn adalah salah satu pilihan yang tepat.

Selain membuat mulut Anda jadi “sibuk”, makan popcorn juga membantu Anda merasa kenyang. Alhasil, mengurangi keinginan Anda untuk merokok.

6. Anggur beku

Anda mungkin juga menginginkan makanan yang manis-manis setelah berhenti merokok. Menuruti keinginan ini adalah hal yang baik, karena dapat mencegah Anda merokok. Namun, bukan berarti Anda harus makan kue atau makanan tinggi gula lainnya secara teratur.

Alih-alih mengonsumi dessert olahan, cobalah untuk makan anggur beku. Rasanya yang manis akan membantu mengekang keinginan Anda terhadap gula, dan karena beku, maka perlu waktu lebih lama untuk dimakan daripada anggur segar.

7. Kacang-kacangan

Berhenti merokok sering kali dikaitkan dengan penambahan berat badan. Karena Anda mengganti rokok dengan makanan, sehingga membuat tangan dan mulut Anda berusaha untuk mendapatkan makanan.

Terlebih lagi, Anda mungkin terbiasa dengan efek nikotin yang menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Kedua faktor ini dapat menyebabkan perubahan berat badan ketika Anda tidak lagi merokok.

Cobalah menambahkan kacang berserat tinggi ke dalam makanan Anda.

Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak serat mengalami kehilangan berat badan hampir 5 pon selama sebulan [8].

Inilah mengapa Anda perlu menambahkan kacang-kacangan untuk mempertahankan berat badan yang sehat pada saat mengatasi kecanduan rokok. Beberapa contoh makanan berserat tinggi lainnya, termasuk brokoli, raspberry, dan oatmeal.

Beberapa makanan sehat lainnya

ARCH juga menyarankan Anda untuk perbanyak konsumsi makanan yang bersifat basa (alkali), serta kaya akan vitamin E dan selenium. Makanan dengan kandungan alkali akan memperlambat detoksifikasi nikotin dari tubuh, sehingga mengurangi keinginan Anda untuk merokok dan juga ingin ngemil.

Contohnya bayam, nasi merah, pasta, bit hijau, quinoa, roti gandum, almond, buah ara, kismis, dandelion hijau, serta sayuran bertepung seperti jagung, kentang, labu, dan lainnya.

Adapun makanan kaya vitamin E dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, misalnya roti, kacang-kacangan, biji-bijian, bibit gandum, tomat, sawi, dan almond. Sementara itu, makanan kaya selenium – seperti ikan, hati, dan jamur – dapat membantu penyerapan vitamin E dalam tubuh, mengurangi peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk jamur Reishi [9].

Semua ini dapat membantu Anda mengatasi kecanduan rokok semaksimal mungkin.

Photo by freepik – www.freepik.com

Baca Juga:
10 Karsinogen, Zat Pemicu Sel Kanker yang Umum di Sekitar Anda
10 Cara Menghilangkan Stres, Ini Jauh Lebih Menyehatkan!

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email