6 Tanda Sistem Imunitas Tubuh Melemah

6-tanda-sistem-imunitas-tubuh-melemah-review-reishi
Kalau Anda sering sakit, kelelahan, dan mengalami gejala lainnya yang mungkin tidak disadari, besar kemungkinan sistem imunitas tubuh Anda sedang melemah.

Sistem kekebalan memainkan peran yang sangat penting di dalam tubuh. Jika sistem imunitas tubuh melemah, Anda akan mudah terserang penyakit infeksi, seperti pneumonia, COVID-19, dan kondisi lainnya.

Ada berbagai faktor yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, di antaranya malnutrisi, HIV, jenis kanker tertentu, hepatitis virus, dan beberapa perawatan medis.

Oleh sebab itu, Anda perlu memelihara dan meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda, terutama dengan menjaga pola makan sehat, olahraga secara teratur, cukup istirahat, dan mengelola stres.

Yuk, kenali lebih lanjut tanda sistem imunitas tubuh melemah dan cara mengatasinya!

6 Tanda sistem imunitas tubuh melemah

Selain menerapkan protokol kesehatan dengan baik, Anda juga perlu memelihara dan memperkuat kekebalan tubuh agar tidak kalah dengan serangan virus dan bakteri. Namun, kalau Anda sering sakit, kelelahan, dan mengalami gejala lainnya yang mungkin tidak disadari, besar kemungkinan sistem imunitas tubuh Anda sedang melemah.

Berikut 6 tanda sistem imunitas tubuh melemah yang harus Anda waspadai:

1. Stres tingkat tinggi

Stres adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Ada saja hal-hal diluar kendali yang akhirnya membuat Anda menjadi stres. Namun ingat, Anda juga harus mengelola stres dengan baik, karena stres yang tidak dikontrol dapat berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Hal ini disebabkan stres dapat menurunkan kadar limfosit di dalam tubuh. Limfosit adalah bagian dari sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi. Jika kadar limfosit Anda menurun, maka Anda semakin berisiko terkena infeksi.

Sebuah laporan yang terbit dalam American Psychological Association mengungkapkan bahwa stres dalam jangka panjang dapat melemahkan respons sistem kekebalan tubuh Anda.

Oleh sebab itu, mengelola stres, terutama stres kronis atau jangka panjang (meskipun tidak secara intens), dapat membantu tubuh melawan berbagai patogen penyebab infeksi.

2. Sering pilek

Pilek biasanya beriringan dengan gejala bersin, dan ini sangat normal terjadi pada orang dewasa setiap tahunnya. Sebagian besar orang mengalami pilek selama 7-10 hari.

Menurut Dr. Hasan yang dilansir dari Penn Medicine, selama waktu tersebut, sistem kekebalan tubuh Anda perlu waktu 3-4 hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan kuman yang mengganggu.

Namun, jika pilek terjadi secara terus-menerus, dengan kata lain tidak kunjung sembuh, artinya sistem imunitas tubuh melemah dan Anda harus berjuang untuk meningkatkannya.

3. Mengalami masalah pencernaan

Pencernaan yang bermasalah juga menjadi salah satu tanda melemahnya sistem imunitas tubuh yang harus Anda waspadai. Misalnya, jika Anda sering mengalami kram perut, kehilangan nafsu makan, mual, sembelit, atau diare, maka ini bisa menandakan sistem kekebalan tubuh Anda sedang terganggu.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa hampir 70 persen dari sistem kekebalan tubuh Anda terletak di saluran pencernaan Anda. Mikrobiota yang berada di saluran pencernaan Anda memberikan manfaat kesehatan yang penting bagi inangnya, terutama dengan menjaga keseimbangan fungsi sistem imunitas tubuh Anda.

Inilah mengapa sistem pencernaan Anda yang bermasalah menandakan kekebalan tubuh Anda sedang terganggu.

4. Luka lambat sembuh

Mungkin ini termasuk tanda melemahnya sistem imunitas tubuh yang jarang disadari. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda terganggu, kulit Anda menjadi salah satu sinyal yang jelas.

Saat kulit Anda luka, misalnya luka bakar, tersayat pisau, atau tergores, tubuh Anda pun segera merespons untuk melindungi luka Anda dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke area tersebut. Hal ini untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit yang baru dan menyembuhkan luka Anda.

Sayangnya, proses penyembuhan ini sangat bergantung dengan kesehatan sel imun Anda. Jika sistem imunitas tubuh Anda melemah, maka jangan heran kalau Anda mendapati luka Anda lambat bahkan sulit untuk sembuh. Ini karena kulit Anda tidak dapat beregenerasi dengan baik.

5. Mudah terserang infeksi

Jelas kalau Anda sering mengalami infeksi, maka sistem kekebalan tubuh Anda sedang terganggu. Akibatnya, tidak mampu melawan serangan virus, bakteri, atau patogen penyebab penyakit lainnya.

Penn Medicine menjelaskan bahwa kemungkinan tanda-tanda defisiensi imun pada orang dewasa meliputi:

  • Mengalami lebih dari 4 kali infeksi telinga dalam satu tahun.
  • Mengembangkan pneumonia setidaknya 2 kali selama satu tahun.
  • Menderita sinusitis kronis atau lebih dari 3 episode sinusitis bakteri dalam setahun.
  • Membutuhkan lebih dari 2 perawatan antibiotik dalam setahun.

6. Kelelahan kronis

Tanda sistem imunitas tubuh melemah yang terakhir adalah kelelahan yang tak kunjung usai. Bahkan setelah Anda beristirahat atau cukup tidur, Anda masih saja mengalami kelelahan. Hal ini karena tubuh Anda mencoba untuk menghemat energi dan mengalokasikannya ke sistem imunitas tubuh Anda yang sedang lemah agar bisa melawan patogen penyebab penyakit.

Kalau sudah begini, Anda perlu waspada kalau sistem kekebalan Anda sedang tidak beres dan perlu penanganan untuk memulihkannya.

Cara meningkatkan sistem imunitas tubuh

Jika Anda mengalami satu atau lebih tanda-tanda di atas, segeralah pulihkan sistem imunitas tubuh Anda. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kembali fungsi kekebalan tubuh Anda, yaitu:

  • Konsumsi makanan sehat, beragam, dan bergizi seimbang.
  • Berolahraga secara teratur, seperti berjalan santai, meregangkan tubuh, atau berlatih pernapasan dalam.
  • Tidur yang cukup (7-8 jam semalam).
  • Cuci tangan setidaknya selama 20 detik.
  • Mendapatkan vaksin.
  • Jaga berat badan yang sehat.
  • Kurangi bahkan hindari merokok.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Optimalkan dengan suplemen jamur Reishi.

Bagaimana jamur Reishi bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda?

Jamur Reishi adalah tanaman obat tradisional yang sudah dikenal sejak 3000 SM dalam pengobatan Ayurveda. Kandungan aktif di dalamnya – terutama polisakarida – mampu merangsang sel imun Anda agar bisa berfungsi dengan baik, sehingga dapat melawan serangan virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Sebuah studi review menjelaskan bahwa jamur Reishi (Ganoderma lucidum) adalah salah satu jamur yang mahir dalam memodulasi kekebalan dan memengaruhi sel induk hematopoietik, limfosit, makrofag, sel T, sel dendritik (DC), dan sel pembunuh alami (NK).

Di sisi lain, jamur Reishi juga merupakan sumber antioksidan alami yang dapat melindungi sel Anda dari kerusakan oksidatif, termasuk sel imun, serta membantu memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Oleh sebab itu, jamur Reishi sangat efektif untuk memelihara dan memperkuat sistem imunitas Anda.

Kesimpulan

Inilah tanda-tanda yang dapat terjadi ketika sistem imunitas tubuh melemah dan perlu Anda atasi dengan beberapa tips di atas. Jika gejala terus-menerus terjadi, segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis lebih lanjut. Stay healthy dan tetap taati protokol kesehatan, ya!

Cover photo by ViDIstudio – www.freepik.com

Baca Juga:
15 Suplemen untuk Meningkatkan Sistem Imun yang Lemah
Ini Perbedaan dan Persamaan Gejala COVID-19 dan Flu Biasa

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email