Jamur Lingzhi (Reishi), Suplemen Penambah Stamina Agar Tubuh Tidak Cepat Lelah

jamur-lingzhi-reishi-suplemen-penambah-stamina
Tubuh yang kelelahan akan menghambat aktivitas dan produktivitas Anda. Namun, kondisi ini juga disebabkan oleh terlalu banyak beraktivitas. Tentunya, Anda butuh penambah stamina, agar tubuh tidak cepat lelah.

Apakah Anda sedang tidak bersemangat, kurang motivasi, kurang fokus dan produktif, atau bahkan, merasa stres hingga depresi? Tahukah Anda, bahwa semua ini bisa berawal karena tubuh yang kelelahan? Anda mungkin tidak menyadari bahwa tubuh sedang kelelahan, karena terlalu banyak melakukan pekerjaan sehari-hari hingga lupa untuk beristirahat yang cukup dan mengabaikan pola hidup yang sehat. Kira-kira, apa saja solusi yang tepat sebagai penambah stamina? Seberapa efektifkah jamur Lingzhi (Reishi) sebagai suplemen penambah stamina?

tanda-tanda-tubuh-kelelahan
Tanda-tanda tubuh yang sedang lelah

Apa yang menyebabkan tubuh kelelahan?

Kelelahan adalah kondisi tubuh yang selalu merasa lelah, letih, lesu, dan kurang tenaga saat melakukan aktivitas sehari-hari. Setiap orang tentu pernah mengalami kelelahan, terutama para pekerja yang mayoritas beban pekerjaannya cukup banyak. Kelompok ini sangat rentan mengalami kelelahan. Bahkan, bisa menjadi sindrom kelelahan kronis, yaitu kondisi tubuh seseorang yang selalu merasa kelelahan meski pola makannya sudah teratur.

faktor-penyebab-tubuh-kelelahan
Faktor-faktor yang menyebabkan tubuh kelelahan

Hati-hati, kelelahan bekerja adalah penyakit yang tidak boleh dianggap sepele!

Dilansir dari laman IDN Times, menjelaskan bahwa dari hasil rangkaian pertemuan Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss pada 20 – 28 Mei 2019, World Health Organization (WHO) telah menyatakan bahwa kelelahan bekerja atau burnout masuk dalam klasifikasi penyakit internasional. Hasil pertemuan ini tentunya memperlihatkan bahwa para pekerja yang mayoritas memiliki aktivitas dan beban pekerjaan yang banyak, harus lebih waspada dan berhati-hati terhadap kondisi kelelahan.

apa-saja-solusi-penambah-stamina-yang-tepat
Apa saja solusi penambah stamina yang tepat?

Simak solusi penambah stamina ini!

Stamina adalah kekuatan dan energi untuk melakukan aktivitas fisik atau mental dalam jangka waktu yang lama. Penting sekali bagi Anda untuk meningkatkan stamina, sehingga dapat mengurangi kelelahan dan stres saat beraktivitas. Lalu, apa saja solusi penambah stamina yang tepat dan mudah dilakukan?

Olahraga

Olahraga rutin dan konsisten akan membantu meningkatkan stamina Anda. Ini terbukti melalui sebuah penelitian tahun 2017 bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan kerja, kualitas tidur, dan fungsi kognitif seseorang

Yoga dan meditasi

Melakukan yoga atau meditasi dapat menambah stamina dan kemampuan Anda mengelola stres. Sebuah studi tahun 2016 telah menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan perasaan sejahtera. Selain itu, seseorang yang rutin melakukannya akan memiliki daya tahan tubuh lebih baik dan jarang mengalami kelelahan.

Tidur atau istirahat yang cukup

Banyak orang yang bekerja sehingga tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Untuk mengatasi rasa lelah dan mengembalikan stamina, Anda perlu beristirahat dan tidur yang cukup, setidaknya usahakanlah 7 – 8 jam dalam sehari.

Kurangi konsumsi kafein

Royal College of Psychiatrists merekomendasikan setiap orang yang merasa lelah harus membatasi asupan kafein. Lakukan hal ini secara bertahap dengan mengurangi minuman berkafein. Awalnya, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala, tetapi jika sudah terbiasa, tubuh akan jauh lebih sehat dan bugar.

Jamur Lingzhi

Dikenal juga dengan Red Reishi, jamur ini bisa menjadi solusi tepat penambah stamina agar tubuh Anda tidak cepat lelah. Sebuah studi ilmiah tahun 2013, berhasil membuktikan jamur Lingzhi memiliki efek anti-fatigue. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan Red Reishi sebagai suplemen penambah stamina.

Mengenal jamur Lingzhi (Reishi)

Jamur Lingzhi adalah jamur obat yang tumbuh di daerah yang panas maupun lembab di Asia, terutama China dan Jepang (orang Jepang menyebutnya dengan Reishi). Bentuk Red Reishi besar dan berwarna gelap. Dalam bahasa latin dikenal juga sebagai Ganoderma lucidum. Kata latin lucidus” artinya “mengkilap” dan mengacu pada permukaan jamur yang memiliki tampilan seperti kayu yang diolesi pernis. Jamur ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh, sehingga digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun silam. Salah satunya menambah stamina agar tubuh Anda tidak cepat lelah.

jamur-lingzhi-suplemen-penambah-stamina
Jamur Lingzhi (Reishi) sebagai solusi tepat penambah stamina

Manfaat jamur Lingzhi (Reishi) sebagai penambah stamina dan mengatasi kelelahan

Bagian dari kelompok jamur anti-fatigue

Saat tubuh mengalami kelelahan, segeralah ambil istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Untuk membantu memulihkan dan menambah stamina, Anda dapat mengonsumsi suplemen penambah stamina. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menjelaskan bahwa salah satu suplemen kesehatan yang baik untuk membantu mengatasi kelelahan atau fatigue adalah jamur.

Ini karena jamur mengandung berbagai senyawa bioaktif untuk meningkatkan stamina dan mengembalikan keseimbangan tubuh Anda. Senyawa bioaktif tersebut meliputi polisakarida, protein, vitamin,  mineral, dan serat makanan. Bila dibandingkan dengan jamur-jamur yang lain, jamur Lingzhi (Reishi) adalah yang paling baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu, Reishi juga termasuk ke dalam kelompok jamur yang mengandung zat anti-fatigue.

Bantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan kualitas hidup

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah sekumpulan gangguan fisik dan mental tanpa perawatan medis yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Kondisi ini akan sangat memengaruhi produktivitas dan rutinitas penderitanya sehari-hari.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menjelaskan bahwa ekstrak Ganoderma lucidum berpotensi efektif membantu pengobatan pasien yang menderita sindrom kelelahan kronis dengan cara mengurangi kelelahan dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Ini karena jamur Lingzhi dapat meningkatkan hormon kortisol, yaitu hormon yang berperan penting dalam proses metabolisme dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Jangan biarkan tubuh Anda mengalami kelelahan hingga stres bahkan depresi. Tingkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda bersama suplemen jamur Lingzhi (Reishi). Jadikan tubuh lebih berstamina dan tidak cepat lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:

Manfaat Jamur Lingzhi untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email